PELUANG

KESEMPATAN

Jumat, 07 Januari 2011

PROPOSAL PENDIRIAN PERPUSTAKAAN


PROPOSAL
PERPUSTAKAAN KRANGGAN
DESA KRANGGAN – KECAMATAN GALUR
A.     Pendahuluan
Generasi muda adalah generasi dengan penuh potensi dan daya kreasi untuk dikembangkan baik mental, intelektual dan spiritual. Dimasa depan generasi muda di harapkan mampu meneruskan perjuangan hidup dan mencapaikesuksesan untuk dirinya sendiri, masyarakat bahkan bagi bangsa dan Negara. Mengacu pada pandangan tersebut, maka dibutuhkan generasi muda yang berwawasan luas, berkompetensi, berani dan penuh dengan ide segar demi pembaharuan yang lebih baik.
Di era globalisasi sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Informasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia tersebar luas dan mudah di dapatkan. Dan semuanya itu akan berdampak pada 2 kemungkinan, yakni dampak positif dan negative untuk generasi muda saat ini. Kemampuan menyaring informasi secara tepat dan tanggung jawab sangat di butuhkan demi pertumbuhan generasi muda yang positif.
Masa muda ialah masa yang harus dilewati oleh setiap orang. Namun, sebagian dari kita ada yang menikmatinya dan tidak sedikit pula dari kita yang tertatih – tatih untuk melewatinya. Tak jarang generasi muda sekarang ini salah jalan, melakukan hal-hal ataupun kegiatan yang tidak bermanfaat dan berguna, seperti kebiasaan berfoya-foya, nongkrong tidak jelas, bahkan ada yang mengonsumsi narkoba.
Oleh karena itu, berangkat dari kenyataan tersebut, desa Kranggan yang merupakan sebuah desa yang jauh dari fasilitas penunjang pendidikan seperti perpustakaan dan jika ada perpustakaan yang dekatpun tidak dapat melayani semua masyarakat secara optimal. Sebagian dari anggota masyarakat desa Kranggan juga masih menjalani pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak, hingga perguruan tinggi, ditambah lagi dengan adanya kelompok Tani, kelompok Paud, kelompok Pengrajin ( pengrajin VCO ), kelompok ternak dan kelompok PKK, dan lainnya yang kesemuanya ini selalu aktiv dalam pengembangan diri baik dalam kelompoknya maupun individu, untuk terus berkarya, berusaha dan berwiraswasta. Semua dari elemen masyarakat desa Kranggan ini tentunya sangat berkaitan atau tidak lepas dari sarana pembimbing yang berupa buku. Maka dari itu, kami kelompok pemuda pemudi desa Kranggan menggagas pendirian Perpusstakaan Desa sebagai salah satu sarana penunjang untuk memenuhi kebutuhan buku bagi masyarakat, yang kami beri nama Perpustakaan Kranggan.  Selain itu perpustakaan ini diharapkan dapat menjadi salah satu jalan untuk mencapai SDA yang berkualaitas dimasa mendatang.
B.  Nama Kegiatan
Pendirian Perpustakaan Desa Kranggan
C. Tema Kegiatan
Mencerdaskan masyarakat dan mengembangkan kreativitas desa Kranggan melalui buku
D. Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini meliputi penggunaan salah satu Ruang di Kompleks Balai Desa Kranggan, Galur, Kulon Progo sebagai perpustakaan Desa.
Kegiatan ini akan dilakukan di kompleks Gedung Balai Desa Kranggan, Galur, Kulon Progo, Yogyakarta, Jl. Deandels,


E. Visi dan Misi
 Visi :
Terwujudnya  perpustakaan desa yang mampu memberikan layanan informasi dan pengetahuan yang cepat, mudah dan efisien.
Misi :
·         Mengelola perpustakaan dengan professional
·         Penambahan koleksi maupun sumber-sumber informasi untuk peningkatan informasi
·         Menciptakan suasana perpustakaan yang nyaman, menyenangkan namun tetap tertib dan disiplin.
·         Peningkatan layanan untuk kecepatan dalam akses dan peningkatan fasilitas agar mudah dalam pencarian koleksi bahan pustaka.

F. Landasan Kegiatan
1.      Quran surat Al-alaq tentang anjuran membaca.
2.      Firman Allah Ta’ala ( yang arinya ) “ Allah akan mengangakat kedudukan orang-ornag yang beriman diantara kalian dan diberikan ilmu beberapa derajat”. (Qs. Al-Mujadalah : 11 )
3.      Sabda nabi Muhammad S.a.w, “ barang siapa diantara kalian yang melihat suatu kemungkaraan maka hendaknya dia mengubahnya dengan tangannya, kalau tidak mampu, maka dengan lisannya, kalau tidak mampu juga maka cukup hatinya dan itu adalah selemah-lemah iman.” ( HR. Muslim ).
4.      Kedalaman agama yang mengemban umatnya untuk berbuat kebajikan dan mencegah yang mungkar “ amar ma’ruf nahi mungkar “.

G. Latar Belakang
            Kegiatan ini penting untuk segera diwujudkan dengan beberapa pertimbangan :
Kondisi masyarakat desa Kranggan yang haus akan ilmu-ilmu yang sangat penting dan perlu untuk di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik bagi masyarakat yang sedang menjalankan pendidikan maupun warga masyarakat yang senantiasa meningkatkan kreativitasnya dalam bekerja dan berusaha dan bersaing sehat dalam bidangnya masing-masing. Sehingga dengan adanya perpustakaan ini masyarakat yang mulanya kesulitan dalam memperoleh buku sebagai sumber informasi dengan harus membeli, bisa memanfaatkan perpustakaan ini sekaligus akan mengefisienkan waktu, biaya, dan tenaga mereka.


H. Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini diadakan dengan tujuan :
1.      Mengembangkan kreativitas anak-anak, pemuda-pemudi dan masyarakat seluruhnya untuk menghasilkan SDM yang cerdas, mandiri dan unggul.
2.      Membangun minat baca anak, remaja dan orang tua desa Kranggan khususnya.
3.      Sebagai tempat penyaluran/pelayanan ilmu kepada masyarakat agar lebih mudah memperoleh informasi yang dekat, mudah dijangkau, murah dan cepat.
4.      Mengoptimalkan sumber daya lingkungan sacara berdaya guna dan berhasil guna siring dengan perkembangan IPTEK.
5.      Perbaikan dan pengembangan diri masyarakat
I.       Sasaran Kegiatan
            Mulai dari anak-anak usia sekolah ( TK dan SD ), remaja ( SMP, SMA, Perguruan Tinggi), para orang tua, dan pada dasarnya pengadaan perpustakaan desa ini memiliki target sasaran seluruh masyarakat Desa Kranggan, Galur, Kulon Progo, Yogyakarta.
J. Sekilas tentang Perpustakaan Kranggan
·                     Perpustakaan ini merupakan gagasan dari kelompok pemuda-pemudi Desa Kranggan, Kecamatan Galur. Namun, hingga sekarang perpustakaan ini baru menjadi sebuah wacana. Usaha untuk merealisasikannya, kami wujudkan dalam proposal ini.
Selanjutnya dalam pendiriannya untuk melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan, kami anggota dan pengurus bersama-sama mengumpulkan buku-buku yang sekiranya masih bisa dipergunakan dihibahkan untuk koleksi buku perpustakaan. Menampung buku-buku yang dipinjamkan pemiliknya untuk disimpan dan ditambahkan di perpustakaan dengan syarat buku masih menjadi milik yang bersangkutan. Pengumpulan buku-buku yang kami kumpulkan masih jauh dari kelayakan kerena kondisi fisik buku dan isi adalah buku bekas, bukan saja kekurangan buku, tapi kelayakan kesekretariatanpun masih sangat terbatas.
Berkenaan dengan hal tersebut melalui proposal ini kami mohon bantuan kepada bapak/ibu untuk dapat sekianya berpartisipasi dalam pengembangan fasilitas pendidikan yang kami dirikan berupa Perpustakaan Desa Kranggan, kecamatan Galur, Kulon Progo, Yogyakarta.
Donasi dapat disalurkan ke :
Bank BNI syariah atas nama Ari Irawan dengan nomer rekening 051693647
Bank BRI atas nama Retno Yuniarti dengan nomer rekening 051738758478
·        Perpustakaan ini melayani peminjaman koleksi, khusus yang beupa CD maupun DVD dengan cara meninggalkan kartu identitas.
·        Perpustakaan ini buka setiap hari senin – jum’at pukul 09.00 – 16.00
Khusus hari minggu jam 09.00 – 19.00
K. Fasilitas
Fasilitas yang baru kami miliki ialah :
·        1 unit almari buku
·        5 unit kursi
·        1 unit meja
·        255 buah buku
L. Dana
Sumber pendanaan dalam pengelolaan perpustakaan ini adalah para donator dan pemerintahan kota dan pemerintahan daerah khusus yang berperan penting dalam kemajuan dan pengembangan perpustakaan desa kranggan ini.
Dana yang dibutuhkan dalam pendirian dan pengelolaan perpustakaan ini diperkirakan dana sebesar Rp. 20.300.000,00. Adapun kejelasan lebih detail sebagaimana terlampir.

M. Susunan Pengurus Perpustakaan
            Kepanitian pendirian perpustakaan Desa Kranggan dengan susunan panitia sebagai terlampir.

N.  Jadwal Pengelolaan Perpustakaan
            Jadwal pengelolaan perpustakaan akan dilaksanakan pada awal tahun 2011, diperkirakan tanggal 10 Januari 2011 dan akan selesai pada bulan februari 2011. Dengan susunan sebagai terlampir.
O. Penutup
Perpustakaan Kranggan sebagai salah satu media pengembangan ilmu pengetahuan yang menjadi wadah aktivitas dan kreativitas Masyarakat Desa Kranggan, sehingga mampu meningkatkan minat para anak-anak, remaja, orang tua dalam hal membaca dan mengembangkan diri. Maka dengan ini kami mengharapkan dukungan dan partisipasinya agar perpustakaan ini mampu memberikan sesuatu yang berguna untuk kita semua.



Yogyakarta
Panitia Pengelola Perpustakaan
Desa Kranggan




Arif Suyono                                                                                                        Retno Yuniarti
Ketua  Karang taruna                                                                                      ketua  Perpustakaan

Mengetahui,

Kepala Desa Kranggan                                                                                                    Pengelola


Bpk.Tumpang                                                                                                                    Sabarudin
Pelindung                                                                                                                           Penasehat




Lampiran 1

RANCANGAN ANGGARAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DESA KRANGGAN

No.
Keterangan
Rincian
Satuan
Biaya
Jumlah
1
penambahan buku
300
buah
Rp. 25.000,00
Rp.7.500.000,00
2
komputer
2
unit
Rp. 4.000.000,00
Rp.8.000.000,00
3
printer
1
unit
Rp. 800.000,00
Rp.800.000,00
4
rak buku
6
unit
Rp. 200.000,00
Rp. 1.200.000,00
5
meja
1
unit
Rp.200.000,00
Rp.200.000,00
6
almari
1
unit
Rp. 400.000,00
Rp. 400.000,00
7
kursi
25
unit
Rp. 88.000,00
Rp.2.200.000,00
Jumlah
Rp.20.300.000,00

Anggaran yang tersedia : kas anggota dan pengurus = Rp.300.000,00
Kekurangan = Rp.20.000.000,00


Lampiran 2
Susunan Pengurus Perpustakaan

Pelindung                                  : Bpk Tumpang ( kepala desa Kranggan )
Penasehat                                 : Bpk. Sabarudin
Ketua Perpustakaan                 : Retno Yuniarti
Wakil ketua Perpustakaan        : Ari Irawan
Petugas Perpustakaan               : Esti Riyani
                                                 Aprilia fitriani
                                                Iwan Sunarya
                                                Rahmad syah
Anggota perpustakaan : Perpustkaan Brosot,
                                                 Masyarakat


Lampiran 3

JADWAL PELAKSANAAN PENDIRIAN PERPUSTAKAAN DESA KRANGGAN
KECAMATAN GALUR – KULON PROGO

Tanggal
Acara
Pelaksanaan
10 Januari 2011
Pembelian buku dan peralatan

panitia & pengelola perpustakaan

11 Januari - 10 Februari 2011

pengolahan buku
·         Pemberian tanda
·         Klasifikasi
·         Pengkatalogan
·         Pengerakkan


pustakawan
11Februari 2011

User Education
( pelayanan Sirkulasi )

Masyarakat desa Kranggan


6 komentar:

  1. aku suka kamu ret,, krn hobby kita sama..dan impian ideal kitapun sama ,,,yaitu mencerdaskan kehidupan anak bangsa dg suka dan gemar membaca...

    BalasHapus
  2. terima kasih contoh proposalnya, sangat membantu..

    BalasHapus
  3. Bagus buat pembelajaran bagi Desa/Kelurahan yg ingin membentuk dan mengembangkan perpustakaannya. terima kasih.

    BalasHapus
  4. aku juga cinta banget sma kamu ret ,,, krn hobby kita sama dan impian kitapun sama, yaitu mencerdaskan anak-anak kita nanti wakakakakakakaka ....... cie cie pacaran di blog... akakaka ..... mampir y kak yang butuh makalah .. www.chacinggingsolz.blogspot.com banyak makalah disitu dan silahkan ambil sepuasnya dan inget jangan plagiat cantumkan sumbernya y kak

    BalasHapus